Informasi Rumput Gandum

Sekilas Informasi Tentang Rumput Gandum (Wheatgrass)

Informasi tentang rumput gandumRumput gandum adalah tanaman penghasil biji gandum yg merupakan bahan baku dari tepung terigu. Nama latin dari tanaman ini adalah Triticum AestivumTanaman ini sudah dikultivasi oleh manusia sejak zaman purba oleh karena kegunaannya yg sangat vital bagi umat manusia.

Selain dari bijinya yg umum dikonsumsi baik dalam wujud baku maupun dalam wujud tepung olahan. Tunas dan daun dari tanaman ini juga umum dikonsumsi oleh manusia.

Adalah Charles Schnabel yang pertama kali mempopulerkan untuk mengkonsumsi tunas dan daun dari rumput gandum sekitar tahun 1930-an. Ia mengklaim bahwa kandungan gizi dari daun rumput gandum jauh lebih tinggi ketimbang daun sayur-sayuran lain.

Kandungan Gizi Rumput Gandum (Wheatgrass)

Dengan kandungan protein per gram yg relatif lebih tinggi dibanding sayur-sayuran umum lain – sekitar 3 gram protein setiap 10 gram-nya. Serta kandungan enzim, zat-zat antioksidan, klorofil (membran thylakoid), vitamin, dan mineral yg lengkap. Maka rumput gandum dapat dimasukan ke dalam kategorikan sebagai salah satu dari makanan super (superfood).

Untuk melihat informasi nilai kandungan gizi tentang rumput gandum secara terperinci serta jenis-jenis dan konsentrasi asam amino yang terkandung di dalamnya.  Silahkan buka tautan link di bawah ini.

http://nutritiondata.self.com/facts/custom/900675/2

Riset terbaru telah membuktikan bahwa mengkonsumsi rumput gandum (wheatgrass) juga dapat menekan rasa lapar melalui peningkatan produksi hormon-hormon anti lapar dari usus halus.

Budidaya Rumput Gandum (Wheatgrass)

Rumput gandum adalah tanaman sub tropikal yang cenderung membutuhkan iklim sejuk untuk tumbuh subur. Tanaman ini dapat dikultivasi secara terbuka (outdoor) maupun tertutup (indoor). Dapat pula tumbuh pada media tanpa tanah (hydroponic).

Pembudidayaan rumput gandum di Indonesia telah banyak diterapkan di daerah-daerah dataran tinggi.

Metode Penyajian Rumput Gandum (Wheatgrass)

Informasi tentang rumput gandumMetode penyajian konvensional adalah dengan menggunakan alat jus manual yang hanya mengambil sarinya saja, tanpa ampas. Cara lain ialah dengan memilih hanya tunas muda, kemudian diblender dengan mesin blender, lalu diminum beserta ampasnya.

Seiring perkembangan teknologi, dengan menggunakan mesin olah konsentrat serta mesin pengering untuk menghasilkan bubuk pada suhu yang rendah (freeze dried), maka dapat dihasilkan bubuk ekstrak konsentrat dari rumput gandum segar. Sehingga nilai gizi yang terkandung di dalamnya menjadi tetap terjaga. Serta memudahkan cara penyajiannya dibandingkan dengan metode penyajian konvensional.

Bubuk ekstrak konsentrat rumput gandum dengan ukuran bubuk 1000 Mesh adalah produk unggulan kami dari Rumput Gandum Instant.

Manfaat Rumput Gandum (Wheatgrass) Bagi Kesehatan

Untuk informasi tentang rumput gandum lebih lanjut dan sederet manfaat / khasiatnya, dapat dilihat di link dibawah ini.

 8 Khasiat Rumput Gandum [Hasil Penelitian]

    Cart