Informasi Rumput Gandum

8 Khasiat Rumput Gandum / Wheatgrass [Hasil Penelitian]

by in Pengetahuan, Tips Kesehatan March 10, 2022

8 Khasiat Rumput Gandum / Wheatgrass Menurut Hasil Penelitian Ilmuwan

Daftar sederet khasiat rumput gandum / wheatgrass ini adalah rangkuman dari berbagai hasil research dan dikuatkan oleh pengalaman-pengalaman pribadi.

1. Membantu Sel Darah Putih Dalam Membunuh Sel Kanker

Di tubuh manusia, pada saat terjadi reaksi kimia akan menghasilkan 1% hingga 2% sel-sel yang rusak. Sel radikal bebas adalah nama lain darinya.

Sel radikal bebas mampu membawa kerusakan bagi sel-sel tubuh yang normal, juga terhadap DNA. Oleh karenanya, sel ini adalah salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker.

Rumput gandum / wheatgrass kaya akan berbagai zat antioksidan. Zat-zat ini secara alami mengimbangi efek perusak dari sel-sel radikal bebas (dengan cara mengikat elektron dari sel-sel radikal bebas).

Selain itu, terdapat pula enzim Anti-Ubiquitin (P4D1). Enzim ini memicu perbaikan DNA dan RNA. Serta membuat dinding pertahanan sel-sel kanker menjadi terbuka dari serangan sel-sel darah putih.

2. Bersifat pH Basa Sehingga Membantu Penyembuhan Berbagai Macam Penyakit

Idealnya pH darah tubuh manusia yang sehat tidak dalam kondisi asam. Banyak penyakit akan lebih mudah bertumbuh di dalam kondisi asam.

Sayangnya, gaya hidup dan menu diet makanan manusia di masa kini, cenderung membuat kondisi darah menjadi asam.

Khasiat rumput gandum yang bersifat pH Basa akan mengurangi keasaman darah.

Dari hasil penelitian, jenis-jenis penyakit yang telah terbukti dapat sembuh lebih cepat atau dapat dikontrol, setelah mengkonsumsi rumput gandum secara rutin adalah:

  • Kanker
  • Jantung dan Pembuluh Darah
  • Liver
  • Pencernaan
  • Diabetes
  • Thalasemia
  • Rematik Artritis

Rumput gandum dapat mengontrol penyakit rematik artritis oleh karena sifat anti radang (anti inflammatory) dari zat-zat yang terkandung di dalamnya.

3. Khasiat Rumput Gandum / Wheatgrass Dalam Men-Detoks Racun

Pada rumput gandum, tingginya kadar klorofil (membran thylakiod), polifenol, dan flavonoid, serta kandungan methylphophorbide membuatnya mampu mendetoksifikasi racun-racun pada pencernaan, di dalam darah, dan di liver.

Racun-racun ini muncul dari perpaduan jenis makanan atau minuman yang salah ketika sedang dicerna. Biasanya, efek yang dirasakan darinya adalah rasa mual dan kembung pada perut.

Selain itu, minum minuman beralkohol juga adalah salah satu penyebab yang umum terjadi.

Disarankan untuk segera mengkonsumsi rumput gandum / wheatgrass bilamana kita mulai merasakan efek-efek buruk ini setelah kita makan/minum.

Sedangkan khasiat rumput gandum dalam mendetoks racun di darah dan liver. Membuatnya menjadi makanan andalan dalam mencegah munculnya jerawat dan bisul pada kulit.

4. Memudahkan Diet (Menjaga Berat Badan Ideal)

Thylakoid adalah membran protein pembungkus sel klorofil yang banyak terkandung di daun rumput gandum hijau. Zat ini memiliki efek memicu keluarnya hormon Cholecytoskinin (CCK) pada usus 12 jari dan usus halus.

Rumput gandum / wheatgrass juga memiliki kandungan tinggi protein serta serat yang unik. Kedua kandungan ini yang dapat memicu keluar hormon Peptide YY (PYY) pada usus kecil dan usus besar.

Kedua hormon yang dikenal sebagai hormon anti-lapar inilah yang menyebabkan hilangnya rasa lapar dalam waktu yang cukup lama setelah kita mengkonsumsi rumput gandum.

Efek penahan lapar ini akan semakin bertambah jika konsumsinya dibarengi dengan lemak tinggi. Kami menyarankan untuk mengkonsumsinya berbarengan dengan VCO (Virgin Coconut Oil) oleh karena kandungan MCT (Medium Chain Triglyceride) yang ada padanya.

Sehingga bagi Anda yang sedang menjalani program diet, keadaan ini sangat mendukung suksesnya program diet Anda.

Tentunya harus dibarengi juga dengan olahraga secara rutin.

5. Menjaga Imunitas Tubuh Dan Menambah Massa Otot (Atlit Binaraga)

Rumput gandum / wheatgrass masuk di dalam kategori Super Food. Yaitu, memiliki kandungan tinggi berbagai jenis zat bergizi bagi kesehatan tubuh (termasuk protein nabati). Namun, berbanding terbalik dengan kalori yang terkandung di dalamnya.

Kandungan gizi yang tinggi ini melebihi kandungan gizi yang terdapat pada sayur brokoli dan bayam.

Hal inilah yang membuat metabolisme (pembakaran kalori) naik dan menjaga daya tahan tubuh, pada saat kita mengkonsumsinya.

Bagi atlit binaraga, mengkonsumsi rumput gandum / wheatgrass secara rutin terbukti mampu mencukupi kebutuhan protein nabati tubuh, untuk perbaikan sel-sel otot yang rusak karena latihan beban.

Rumput Gandum Instant adalah bubuk ekstrak dari konsentrat rumput gandum (wheatgrass extract powder). Diolah menggunakan teknologi mesin pengeringan yang berputar pada suhu dingin (freeze dried). Artinya, nilai gizinya tetap terjaga dan lebih terkonsentrasi padat ketimbang dari daunnya.

6. Melancarkan Pencernaan

Selain mengandung serat yang mampu membersihkan saluran pencernaan dari sisa-sisa plak makanan yang terjebak di jonjot-jonjot usus.

Rumput gandum / wheatgrass juga mengandung enzim yang dapat merangsang usus besar supaya buang air besar.

7. Membantu Tidur Lebih Berkualitas

Dengan menghilangkan rasa lapar, otomatis akan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Ditambah dengan kandungan GABA (gamma-Aminobutyric acid) pada rumput gandum / wheatgrass yang berfungsi sebagai anti depressant.

8. Bebas Gluten

Di internet, banyak informasi tentang rumput gandum / wheatgrass yang menuliskan bahwa rumput gandum / wheatgrass juga mengandung protein gluten.

Informasi ini adalah salah.

Berbeda dengan biji gandum / wheatgrain, rumput gandum / wheatgrass tidak mengandung protein gluten.

Bahkan, rumput gandum bisa mengatasi masalah bagi yang memiliki alergi terhadap gluten (celiac disease).

Meskipun khusus untuk argumen yang terakhir ini, belum ada penelitian resminya. Melainkan, hanya diambil dari pengalaman-pengalaman pribadi.


Beberapa sumber informasi dari link pranala luar (hasil research tentang kandungan rumput gandum / wheatgrass):

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26156538/

https://www.researchgate.net/publication/314035273_COMPARISON_OF_POLYPHENOLS_FLAVANOIDS_ANTIOXIDANT_AND_FREE_RADICAL_SCAVENGING_CONTENT_OF_FREEZE_DRIED_WHEATGRASS_EXTRACT_FROM_THREE_DIFFERENT_WHEAT_SPECIES

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5904770/

https://www.functionalfoodscenter.net/files/47516971.pdf

2 Comments
  1. Harus diuji kebenarannya, order 1 dulu ya

  2. […]  8 Khasiat Rumput Gandum [Hasil Penelitian] […]

    Cart