Informasi Rumput Gandum

Diet Keto Puasa dan Rumput Gandum

Diet Keto (meningkatkan ketone bodies)

Diet Keto Atlit ■ Pernahkah Anda melihat foto atlit Republik Rakyat Tiongkok ini? Gambar ini diambil ketika berlangsungnya Asean Games 2018 di Jakarta.

Untuk penjelasan alasan mereka minum santan sebelum memulai pertandingan, mari kita simak kelanjutan artikel di bawah ini.

Diet Keto ■ Aturan Komposisi Gizi

Diet Keto adalah diet dengan aturan komposisi asupan karbohidrat yang sangat kecil dibandingkan asupan lemak dan protein.

Sehingga membuat tubuh masuk ke dalam keadaan ketosis, yaitu keadaan yang ditandai dengan meningkatnya jumlah tubuh keton (ketone bodies) di dalam darah.

Dua jenis diet keto yang umum diterapkan:

  • Diet keto standar
    Karbohidrat : Protein : Lemak = 10 : 20 : 70
  • Diet keto tinggi protein
    Karbohidrat : Protein : Lemak = 5 : 35 : 60

Diet keto tinggi protein biasanya diterapkan oleh atlit dan ketoers yang ingin membentuk masa otot. 

Diet Keto ■ Tujuan

Tujuan dari diet ini adalah membiasakan, atau lebih tepatnya, memaksakan tubuh untuk mengolah lemak menjadi sumber energi utama ketimbang karbohidrat. Sehingga pengolahan energi pada tubuh menjadi lebih efisien saat kita berolahraga maupun saat kita menggunakan otak.

Selain untuk menjaga kesehatan & mengontrol berat badan. Diet ini juga sangat bermanfaat untuk penyembuhan bagi penderita diabetes, tumor / kanker, kelainan autoimun, dan bagi penderita epilepsi.

Rumput gandum adalah salah satu menu yang dibutuhkan dalam diet keto maupun gaya hidup ketofastosis (fase konsolidasi & fase pemeliharaan). Karena rumput gandum mengandung banyak serat yang berfungsi untuk menghambat penyerapan karbohidrat sederhana pada usus.

Proses Pencernaan dan Metabolisme Lemak Menjadi Energi

Lemak (Triglyseride) yang masuk ke dalam pencernaan akan diemulsikan oleh cairan empedu dan diurai oleh enzim Lipase, sehingga bisa diserap usus.

Setelah masuk melewati lapisan epitel usus ke dalam aliran getah bening (lymphatic system), uraian asam lemak dan glycerol ini langsung kembali menyatu menjadi lemak. Lalu dikemas bersamaan dengan Lipoprotein ke dalam gelembung Chylomicron untuk dibawa (transport) menuju liver, melalui aliran darah (circulatory sistem). 

Ada pengecualian dari proses pengemasan Chylomicron dan transport ini untuk tipe lemak dengan ukuran panjang molekul asam lemak yang tidak lebih dari 12 atom karbon (MCFA=Medium Chain Fatty Acid & SCFA=Short Chain Fatty Acid).

Oleh karena ukuran molekul yang lebih kecil pada MCFA dan SCFA, maka kedua jenis asam lemak ini bisa langsung menuju liver melalui jalur pintas portal vena liver (Hepatic Portal Vein).

Setelah lemak dan asam lemak bebas tiba di Liver, maka lemak akan diproses menjadi Acetyl COA, yang kemudian menghasilkan energi ATP melalui Siklus Asam Sitrat (Krebs Cycle).

Jika terjadi penumpukan Acetyl COA melebihi batas kemampuan siklus asam sitrat pada liver, maka kelebihan Acetyl COA ini akan dikonversi menjadi tubuh keton (ketone bodies), lalu dialirkan ke seluruh tubuh melalui darah.

Keton bodies inilah senyawa yang bisa dipakai oleh otak dan otot menjadi sumber energi.

Perlu diperhatikan bahwa kondisi ini hanya dapat terjadi jika tubuh sedang dalam kekurangan glukosa, oleh karena otak dan otot selalu lebih mengutamakan glukosa dibanding tubuh keton sebagai sumber energi.

Jika kondisi darah dalam keadaan cukup glukosa maka lemak yang beredar di dalam darah akan didahulukan untuk disimpan menjadi cadangan lemak tubuh (adipose tissue).

Sekilas Mengenai MCT (Medium Chain Triglycerides)

Bagi pelaku diet keto, ahli gizi menyarankan untuk lebih sering mengkonsumsi lemak dengan panjang atom karbon molekul asam lemak menengah (MCT = Medium Chain Triglycerides).

MCT banyak terdapat pada minyak kelapa. Terutama minyak kelapa yang belum mengalami proses pemanasan (VCO = Virgin Coconut Oil). Sebab, proses pemanasan yang berkepanjangan akan merubahnya menjadi lemak trans. 

Selain dari lebih cepatnya proses pencernaan dan metabolisme MCT menjadi energi dibandingkan LCT dan VLCT.

Tujuan mengkonsumsi MCT yang tidak kalah penting adalah agar tubuh bisa mencegah terjadinya hypoglycemia akibat minimnya pasokan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

Artikel yang menjelaskan mengapa MCT bisa mencegah hypoglycemia ada di link ini.

Bagaimana Dengan Berpuasa

Sama halnya dengan diet keto, berpuasa juga menyebabkan tubuh mengalami keadaan ketosis. Tapi bedanya, lemak yang dipakai sebagai energi berasal dari cadangan lemak pada tubuh, bukan berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Idealnya, diet keto adalah sarana untuk memulai dan membiasakan diri kita agar mampu untuk berpuasa.

Sebab, tubuh dari sebagian besar umat manusia di muka bumi sudah menjadi sedemikian manjanya terhadap gula. Oleh karena terlalu mudahnya manusia mendapatkan asupan gula dari berbagai makanan & minuman olahan. Sehingga tubuh menjadi tidak lagi efisien dalam mengolah lemak menjadi energi. Keadaan inilah yang sering disebut dalam bahasa ilmiahnya Resistansi Terhadap Hormon Leptin.

Sebaliknya lemak yang dikonsumsi hanya akan disimpan menjadi cadangan lemak bersama-sama dengan kelebihan gula yang tidak terpakai menjadi energi.

Beberapa manfaat berpuasa yang tidak dapat diperoleh dari diet keto:

        • Peningkatan berkali-kali lipat Human Growth Hormone (HGH)
        • Autophagy (proses dimakannya sel-sel yang sudah usang dan rusak oleh sel-sel yg sehat)
        • Detoks saluran pencernaan

Seperti kehidupan manusia pada jaman purba, keadaan puasa adalah hal yang wajar dan rutin dialami oleh tubuh manusia purba karena terbatasnya kesediaan makanan di alam pada masa itu, tidak ada mini market dan pasar, tidak ada lemari pendingin.

Mari hidup sehat dengan membiasakan diri untuk berpuasa secara berkala dan mengkonsumsi Rumput Gandum Instant untuk mempermudah berpuasa.

 

Catatan:

Bagi pemula yang ingin memulai puasa tapi memiliki pekerjaan yang berisiko tinggi dan membutuhkan konsentrasi ketika bekerja, hindari berpuasa pada saat bekerja.

    Cart